Jumat, 30 September 2016

PENULISAN INOVASI SITEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MODERN(PROFESI IT).



PENULISAN INOVASI SITEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MODERN(PROFESI IT).
v                        Profesi IT
           Sekarang sudah banyak profesi atau pekerjaan yang dimiliki oleh anak IT (ilmu Teknologi). Sekarang anak IT tidak berprofesi sebagai programmer saja melainkan banyak hal, diantaranya adalah :
1.      Programmer
Yah, programmer pasti kita sering mendengar kata programmer kan? Atau seorang programmer ? nah programmer itu sendiri adalah orang yang ahli membuat program.
Tugas :
Tugas seorang programmer membuat sebuah aplikasi perkantoran, pendidikan,dsb.
Syaratnya :
Bila ingin menjadi programmer harus bisa bahasa pemrogramman, mengerti masalah tentang pemrogramman,dan harus benar-benar menguasai tentang logika pemrogramman.
2.      Software Engineer
Adalah seseorang yang ahli dalam bidang software (Perangkat Lunak). Mulai dari merancang hingga menggunakannya.
Tugas :
Merancang dan membuat software dengan sebaik-baiknya.
Syarat :
Yang harus dimiliki dalam menjadi software engineer yah harus mengerti tentang sistem analis software, mempunyai keahlian sebagai programmer,dsb
3.      Database Administrator
Adalah seseorang yang ahli dalam sistem basis data. Seperti, mendesain  dan membuat database, memelihara, memperbaiki bila terjadi kerusakan pada database,dsb.
Tugas :
Adalah menginstall perangkat lunak yang baru,mengelola keamanan database, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan database.
Syarat :
Yang paling utama harus mengerti tentang sistem basis data
4.     Web Administrator
Adalah seseorang yang bertanggung jawab tentang masalah web
Tugas :
Memeriksa situs web itu aman atau tidak, menjaga kelancaran dalam mengakses situs web, mengawasi para user web ,dsb
Syarat :
Yang pertama dia harus seseorang programmer karena masalah web itu  berurusan dengan masalah programmer seperti bahasa pemrogrammanya , lalu syarat selanjutnya seorang web administrator harus menguasai jaringan agar dia dapat menjaga kelancaran para pemakai dalam mengakses sebuah web.
5.      Web Developer
Adalah seseorang yang memberikan konsultasi untuk para user web atau problem web.
Tugas :
Yaitu merancang situs web, menganalasi kebutuhan sistem dsb
Syarat :
Harus memiliki keahlian seperti programmer, merancang web, bisa mengatasi masalah web dsb.
6.     Web Designer
Adalah seseorang ahli dalam merancang, membuat dan mendesain web.
Tugasc :
Membuat tampilan web dengan sebaik-baiknya , mendesain web dengan bagus, dsb.
Syarat :
Mengerti bahasa pemrogramman web, mengerti teknologi web, memiliki kreatifitas mendesain web.
7.     Network Enngineer
Adalah seseorang yang ahli dalam bidang jaringan.
Tugas :
Menjaga kelancaran sistem jaringan , membuat jaringan, melakukan pengamanan jaringan, dsb
Syarat :
Yang paling utama  mengerti dan menguasai pengetahuan tentang jaringan.
8.      System Analyst
Adalah orang yang menganalisis sistem.
Tugas :
Memperbaiki sebuah sistem, membuat sistem komputer, mengembangkan software dan hardware komputer,dsb.
Syarat :
Mengerti tentang keahlian programmer , mengetahui tentang software dan hardware ,dsb.


v              JOB DESCRIPTION
         Job description (jobdesk) atau uraian jabatan/job atau gambaran tugas adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan/tugas, uraian atau gambaran tentang apa yang harus dilakukan oleh sipemegang jabatan, bagaimana suatu pekerjaan dilakukan, alasan-alasan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, hubungan antara suatu posisi tertentu dan posisi lainnya diluar lingkup pekerjaannya dan diluar organisasi (eksternal) sehingga dapat tercapai tujuan unit / bagian kerja dan organisasi / perusahaan secara luas.
v                 CONTOH – CONTOH
     Adapun contoh-contoh atau bagian-bagian pada  Job description adalah sebagai berikut :
          1)  Manajer Umum (General Manager)
Manejer utama mempunyai wewenang tertinggi perusahaan yang bertanggung jawab atas berlangsungnya segala kegiatan perusahaan meliputi memimpin mengatur, membimbing dan mengarahkan organisasi perusahaan, dimana kegiatan tersebut untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam menghasilkan produk-produk berkualitas dengan jaminan sistem mutu yang selalu terjaga dan dilaksanakan secara konsisten.
          2)  Manajer Pabrik (Factory Manager)
Manajer pabrik bertugas dan bertanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan mengambil tindakan untuk kelancaran jalannya proses produksi. Selain itu manajer pabrik memiliki tugas dan tanggung jawab:
(1) Merencanakan, mengkoordinasi, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan manufacturing yang meliputi PPIC, produksi, teknik purchasing dan gudang untuk memperlancar proses pencapaian sasaran perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
(2) meningkatkan usaha dalam bidang peningkatan mutu produk, produktifitas kerja dan pengendalian biaya operasional secara kontinu.
(3) Mengatur dan mengendalikan proses manufacturing sesuai dengan standar yang ditentukan.
3)  Manajer Pengembangan dan Pengawasan Mutu Produk (Branch Process Development and  Quality Manager)
Manajer PDQC bertugas dan bertanggung jawab dalam memeriksa bahan baku, bahan tambahan, produk jadi, dan bahan pengemas. Mengawasi analisa kualitas produksi, bertanggung jawab atas kelengkapan laboratorium untuk analisa dan pengembangan produk. Selain itu BPDQC bertugas dan bertanggung jawab:
(1) Mengendalikan semua kegiatan departemen PDQC dalam aspek proses pengendalian mutu untuk menjamin kelangsungan aktifitas perusahaan.
(2) Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan GLP dan Kalibrasi di laboratorium serta GNP dan HACCP diproses produksi.
(3) Mengendalikan semua kegiatan pengendalian mutu pada proses awal pengawasan mutu dan hasil pengawasan serta pengembangan produk.
(4) Mengatur dan merencanakan kerja, kebutuhan kerja tenaga kerja, alat bantu dan fasilitas kerja selama masih dalam batas-batas standar baku yang diselaraskan dengan rencana manajemen.
 (5) Menilai/mengevaluasi kerja staff departemen PDQC.
           4)  Manajer Keuangan (Finance and Accounting Manager)
Manajer keuangan bertugas dan bertanggung jawab merencanakan, menyiapkan budget dan planning (AOP) untuk menentukan tujuan yang harus dicapai. Memonitor kegiatan operasional dalam hal aspek financial supaya sejalan dengan AOP. Menandatangani bank instrument (Cek, transfer bank) sesuai dengan batasan yang ditetapkan perusahaan. Verifikasi setiaap pengeluaran biaya ataupun pembelian aset dan penggunaan dana lainnya sesuai dengan batasan yang ditetapkan oleh perusahaan. Menetapkan pelasanaan sistem dan prosedur yang berkaitan dengan keuangan
            5) Manajer Personalia (Branch Personnerl Manager)
Manajer personalia memiliki fungsi merencanakan, mengkordinir, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan kepersonaliaan yang meliputi hubungan industrial, administrasi kepegawaian, keamanan, kehumasan, dan pelayanan umum untuk mendukung proses pencapain tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu manajer personalia memiliki tugas dan tanggung jawab menciptakan hubungan industrial yang harmonis untuk mencapai ketenangan industrial (ketenangan kerja dan ketenangan usaha) dilingkungan perusahaan. Menyelenggarakan syarat-syarat dan kondisi kerja dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban karyawan dan administrasi kepegawaian secara tepat sebagai syarat untuk meningktkan produktifitas kerja yang optimal. Memberikan dukungan dan pelayanan kepada seluruh pihak agar dapat mencapai standar kerja secara optimal. Membuat analisa pengembangan organisasi secara berkala dan secara aktif ikut mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan mutu/Total Quality Management (TQM). Turut serta melaksanakan program HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point).
           6) Manajer Pemasaran (Areaa Sales and Promotion Manager)
Manajer pemasaran memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengkoordinir distribusi produk ke daerah pemasaran, melakukan tugas penjualan dan permintaan produk, menyiapkan rencana penjualan dan permintaan produk, merencanakan dan membuat rancangan promosi, serta membuat rencana penjualan dan permintaan produk.
           7) Purcashing Office
Purchasing memiliki tugas dan wewenang dalam menetapkan dan memelihara prosedur pembelian untuk mengendalikan aktifitas pembelian, mengesahkan dokumen pembelian sebelum dokumen dikirim ke pemasok dan memilih serta mengevaluasi pemasok yang telah ditetapkan.
v                       Kesimpulan
Profesi sebagai IT sangatlah banyak terdiri dari :  programmer, web development. Web designer, dsb. Dan mereka itu memiliki peranan masing-masing. Kunci utama untuk mendapatkan profesi di bidang IT mengerti bahasa pemrograman dan pandai merancang komputer.
Lalu, , jabatan atau Job Descriptive adalah gambaran jabaatan tentang bagaimana jabatan dia di sebuah organisasi, lalu dia berperan sebagai apakah dia di sebuah organisasi dsb.
v                   Sumber
         http://seputarberitapendidikan.blogspot.co.id/2014/05/contoh-job-description.html

“TUGAS ARBI PRAMANA”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar