INFORMASI TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR LIBRARY
·
ITIL atau Information Technology Infrastructure
Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan
infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL
diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik
pengelolaan (TI). Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek
dagang terdaftar dari Office of
Government Commerce (OGC) Britania Raya.
·
ITIL dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an ,
penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1980-an dengan spesifikasi versi
keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set
bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management),
yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service
Support (Dukungan Layanan).
·
Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan
versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih
menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi
informasi. Kelima bagian tersebut adalah:
1.
Service Strategy
2.
Service Design
3.
Service Transition
4.
Service Operation
5.
Continual Service Improvement
· ITIL-3
bukanlan sebuah standar tetapi hanya kerangka yang berisi 8 seri mengenai
praktek-praktek terbaik mengenai IT service management dan distribusi IT
service yang berkualitas tinggi. Delapan seri tersebut adalah sebagi berikut :
1.
Software Asset Management
2.
Service Support
3.
Service Delivery
4.
Planning to Implement Service Management
5.
ICT Infrastructure Management
6.
Application Management
7.
Security Management
8.
Business Perspective, Volume II
· Penggunaan
ITIL saat ini :
a)
Microsoft
b)
IBM
c)
Barclays Bank
d)
HSBC
e)
Guinness
f)
Procter & Gamble
g)
British Airways
h)
US Ministry of Defence
i)
Hewlett Packard
•
Teknologi Informasi Infrastructure
Library (ITIL) adalah satu set konsep dan teknik untuk mengelola teknologi
informasi (TI) infrastruktur, pengembangan, dan operasi. ITIL ® adalah
pendekatan yang paling luas diterima untuk layanan manajemen TI di dunia. ITIL
menyediakan seperangkat praktek terbaik kohesif, yang diambil dari sektor
publik dan swasta internasional. Sebuah filosofi keseluruhan ITIL telah
berkembang dari bimbingan yang terkandung dalam buku-buku ITIL dan skema ITIL
kualifikasi profesional. ITIL terdiri dari serangkaian buku memberikan
bimbingan pada penyediaan kualitas layanan TI, dan pada akomodasi dan fasilitas
yang diperlukan untuk mendukung lingkungan TI. ITIL telah dikembangkan sebagai
pengakuan ketergantungan organisasi ‘tumbuh di TI dan mewujudkan praktik
terbaik untuk IT Service Management.
•
Manfaat ITIL
Dengan menyediakan pendekatan
sistematis untuk manajemen layanan TI, ITIL dapat membantu sebuah perusahaan
dalam cara berikut:
a) Mengurangi
biaya.
b) Peningkatan
layanan TI melalui penggunaan proses-proses praktek terbaik yang telah terbukti
meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pendekatan yang lebih profesional untuk
pelayanan standar dan pedoman.
c) Meningkatkan
produktivitas
d) Meningkatkan penggunaan keterampilan dan
pengalaman.
e) Meningkatkan
penyampaian layanan pihak ketiga melalui spesifikasi ITIL atau ISO 20000
sebagai standar untuk pengiriman layanan pengadaan jasa.
•
Kesimpulan
Pemanfaatan teknologi informasi
khususnya dalam pengelolaan data elektronik dan sistem otomatisasi
perpustakaan. Perbedaan mendasar anatar digital library dan sistem otomasi
perpustakaan adalah berhubungan dengan tujuannya. Digital library lebih
berorientasi ke bagaimana kita dapat menshare koleksi-koleksi bahan pustaka
yang sudah berbentuk file elektronik. Sedangkan system otomasi perpustakaan
lebih cenderung ke bagaimana proses bisnis yang ada di perpustakaan dapat
diotomasi, sehingga meringankan beban pustakawan atau pengurus perpustakaan.
Perpaduan antara dua hal tersebut sangat mungkin dilakukan, dalam pengertian
bahwa sistem otomasi perpustakaan disamping berorientasi ke bagaimana manajemen
perpustakaan, juga menyimpan koleksi dokumen elektronik yang bisa dishare
dengan menggunakan teknologi web dan internet.
•
Sumber :
-TUGAS ARBI PRAMANA 1-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar