Sabtu, 10 Juni 2017

APPLICATION SERVICE LIBRARY
Application Services Library (ASL) adalah kerangka kerja kerangka kerja domain publik yang digunakan untuk membakukan proses dalam Manajemen Aplikasi, disiplin memproduksi dan memelihara sistem dan aplikasi informasi. ASL erat terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan BISL (Manajemen Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity Model (CMM).
ASL  dikembangkan pada akhir tahun sembilan puluhan di Belanda, yang awalnya merupakan model R2C eksklusif, yang berevolusi menjadi ASL pada tahun 2000. Pada tahun 2001, ia disumbangkan oleh IT Service Provider Pink Roccade ke ASL Foundation, sekarang menjadi Yayasan ASL BiSL. Versi ASL2 diterbitkan  pada  tahun 2009.
Kerangka kerja ASL dikembangkan karena ITIL, yang dipeluk oleh departemen infrastruktur TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada saat itu, ITIL tidak memiliki panduan khusus untuk merancang, pengembangan, pemeliharaan dan dukungan aplikasi. Versi ITIL yang lebih baru, terutama V3, telah semakin banyak membahas Domain Pengembangan Aplikasi dan Manajemen Aplikasi; Yayasan ASL BiSL telah menerbitkan sebuah makalah putih yang membandingkan ITIL v3 dan ASL.
CANGKUPAN ASL (Aplication Service Library)
1. Dukungan Aplikasi cluster
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
 . Use Support                                                                                                           
·  Configuration Management
·  IT Operation Management
·  Continuity Management 
Proses ini telah juga telah didefinisikan dalam kerangka ITIL. Proses serupa, tetapi dilihat dari sudut pandang yang lain, oleh karena itu kegiatan di masing-masing proses ini mungkin berbeda dari kegiatan dalam ITIL-environtment.
2. FRAMEWORK PROCCES ASL (Aplication Service Library)
1.       Operational Level
2.       Management Level
3.       Strategic Level
PERBANDINGAN ASL vs ITIL
§  ASL selalu terkait dengan ITIL.
§  Kerangka ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen infrastruktur TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi
§  ASL untuk membantu dalam profesionalisasi Manajemen Aplikasi.
Daftar Pustaka
~Tugas Arbi Pramana~





Tidak ada komentar:

Posting Komentar