3D Teknologi
Virtual Reality
Þ Disini saya akan membahas tentang
3D teknologi virtual reality yang sudah ada sejak tahun 1970an yang ditemukan
oleh Jaron Lanier. Dan lanier telah
mendirikan perusahaan VPL RISET yang mengembangkan dan membangun
sistem “ kacamata hitam dan sarung tangan”. Yang berguna untuk berinteraksi
dengan suatu lingkungan yang sebenarnya. Karena itu merupakan pengertian
virtual reality. Lalu virtual reality sudah mulai mengalami perkembangan seiring
berjalannya waktu. Virtual realty banyak digunakan pada kedokteran, penerbangan, pendidikan, militer,game,dsb.
Þ
Pada
bidang militer
Pada bidang militer
virtual reality digunakan untuk menerjunkan langsung para tentara ke medan
perang sebagai latihan.
Þ
Pada
bidang kedokteran
Pada
bidang kedokteran virtual reality beguna untuk
mendeteksi anatomi tubuh manusia.
Þ
Pada bidang
pendidikan.
Pada bidang pendidikan
virtual reality dapat berupa laboratorium virtual .
Þ
Pada bidang
game
Pada bidang game virtual reality dapat
diambil dari contoh yaitu flight simulator pesawat yang dapat dikendalikan oleh
user yang menggunakan komputer dan menjalankan navigasinya menggunakan
keyboard.
Þ
Cara kerja
Virtual Reality
Pemakai melihat suatu dunia
yang semu yang sebenarnya berupa gambar yang bersifat dinamis. Melalui
perangkat heandphone atau speaker lalu pemakai dapat mendengar suara yang
realistis. Dan kalau melalui headshet, glove atau walker semua gerakan pemakai
dipantau oleh sistem dan ssitem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai
seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata.
Þ
Kegunaan
Virtual reality
Virtual realty bukan hanya
berguna bagi game saja , tapi banyak digunakan dalam berbagai bidang.seperti kedokteran,pendidikan,militer,dsb.
Þ
Keuntungan
Dapat meringankan tugas
tugas kedokteran , pelatihan kemiliteran, mempermudah proses pendidikan.
Þ
Kekurangan
Dapat membuat manusia jadi
jarang berinteraksi karena teknologi ini sudah dapat mempermudah tugas tugas
manusia yang tadinya sulit .
Þ
Kesimpulannya
Virtual reality itu adalah
kemampuan teknologi komputer yang berdasarkan kenyataan lingkungan sebenarnya.
Yang memiliki elemen atau perangkat yang digunakan adalah keyboard,perangkat
heandphone,speaker,headshet,glove,dan walker untuk membuat teknologi itu
menjadi kenyataan. Dan di negara indonesia ini sudah bannyak diterapkan dalam
berbagai bidang yaitu seperti bidang kedokteran,game,militer, pendidikan,dsb.
Þ
Daftar
Pustaka
-
Tugas Softskill Arbi Pramana -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar